S-Kerasulan keluarga Share Articles

Family Fun Camping 2018

Guna memberikan waktu kebersamaan yang berkualitas (Quality Time) bagi keluarga-keluarga dalam mengikuti kegiatan rohani, melakukan aktifitas di alam terbuka sambil mengatasi tantangannya sekaligus mengajak keluarga-keluarga semakin mengenal, mencintai dan merawat lingkungan hidup kita, Seksi Kerasulan Keluarga (SKK) St. Yakobus paroki Kelapa Gading, Jakarta, bekerja-sama dengan Seksi Lingkungan Hidup (SLH) menyelenggarakan Family Fun Camp (FFC) di Gunung Geulis Camp Area (GGCA), Gadog, Bogor, pada tanggal 8-9 September 2018 yang lalu. FFC ini pertama kali diadakan dan langsung mendapat sambutan hangat dari keluarga-keluarga di Paroki Kelapa Gading. Dua minggu sebelum hari H, pendaftaran sudah ditutup karena penuh. Bahkan pada hari H saat keberangkatan, masih ada keluarga yang berusaha mendaftar di dalam bis. Bis yang berjumlah 4 unit dengan masing2 berisi + 52 peserta berangkat jam 9.30 tepat dan tiba di lokasi sekitar jam 12.00 siang. Peserta berkumpul di pendopo, diberi nasi kotak dan informasi tata tertib plus nomor tenda masing-masing.

Tiga sesi renungan dan pengajaran tentang keluarga yang dibawakan oleh Bruder Petrus dengan ringan, kocak dan menarik, berlangsung dengan akrab dan gembira. Kadang-kadang diselingi juga dengan beberapa permainan yang bersifat kelompok dan melibatkan keluarga secara aktif yang menggembirakan dan mengakrabkan para peserta. Rangkaian acara di hari pertama ditutup dengan acara api unggun yang sudah ditunggu-tunggu terutama oleh anak-anak. Seluruh peserta berdiri di sekeliling api unggun untuk mendengarkan renungan Romo Alter yang membuat relasi keluarga terjalin hangat kembali dengan mengungkapkan hal-hal yang baik dan tidak baik dari anak kepada orang tuanya maupun sebaliknya dari orang tua kepada anaknya. Lalu ditutup dengan berdoa bersama-sama, menyanyikan pujian, dan melakukan gerakan tarian khas Flores sambil mengelilingi api unggun. Pujian dan tarian dipimpin oleh Frater Aloysius dan Frater Eno.

Acara hari kedua dimulai dengan berjalan menyusuri bukit Gunung Geulis (tracking). Sambil berjalan sehat bersama keluarga masing-masing sepanjang sekitar 2 km, peserta bisa menikmati keindahan alam dengan pemandangan Gunung Pancar dan berfoto ria bersama keluarga.

Saat berlangsung sesi ketiga, anak-anak dipisahkan dari orang tuanya untuk mengikuti lomba bakiak, lompat karung dll. Lalu digabungkan kembali untuk mengikuti games seru dari Bruder dan pihak pengelola GGCA. Acara ditutup dengan Misa oleh Romo Alter dan foto bersama seluruh peserta. Setelah makan siang rombongan kembali ke Jakarta. FFC ini diikuti oleh 59 keluarga yang terdiri dari 319 peserta.

Catatan panitia: Family Fun Camp ini cocok diadakan oleh para Kaling/Korwil untuk Linkungan/Wilayahnya, karena memfasilitasi keluarga-keluarga agar bisa memiliki lebih banyak ‘Family Quality Time’. Dan anak-anakpun tidak perlu selalu berteriak: ‘Play with me, not with your smartphones’.

SKK Kelapa Gading