Wil-Anastasia Share Articles

Family Gathering Wilayah Anastasia

Halo sahabat – sahabat terkasih,

Selamat berjumpa lagi dalam sekelumit cerita dari kami umat di Wilayah St. Anastasia. Tahun 2018 ini menjadi tahun yang sangat special, Wilayah tercinta kami St. Anastasia genap berusia “Sweet 17th” berbarengan dengan ultah OMK nya yang ke 14 th dan juga ultah Anastasia Choir Club. Bertepatan dengan “Sweet 17 th” wilayah kami mengadakan acara Family Gathering dengan tema yang lagi “in” : Menjaga Persatuan Dengan Menjadi Saudara Bagi Sesama.

Kalau diceritakan dari mulai dibentuknya panitia sampai berlangsungnya acara 2 hari pada tanggal 17-18 November 2018 plus foto2 nya bisa jadi 1 buku J. Tapi ceritanya singkat saja ya….

Mengacu ke tema Persatuan, kok ya pas banget Romo Felix yang memberikan rekoleksi adalah Romo yang sudah kita kenal dengan kesahajaannya bergumul dan berekonsiliasi dengan segala lapisan lintas budaya dan agama. Romo memberikan pemahaman kepada kami bahwa untuk menjadi pelayan di Gereja, kita harus menjadi pelayan dalam keluarga kita dulu, sudahkah kita menyayangi istri/suami/ortu /anak2 kita ? Melayani kebutuhan mereka, mengatakan “I Love U”, berkata2 yang halus dan nyaman ? Ehm suatu tantangan ya dan pastinya tidak mudah, kunci keberhasilan pelayanan kepada umat bisa dilihat bagaimana menyayangi keluarganya. Romo Felix juga bercerita seru, bagaimana Romo berekonsiliasi lintas budaya dan agama…satu kuncinya selalu menanamkan kasih dalam segala aktivitas dan usaha kebersamaan, menganggap saudara, hadir di tengah2 mereka, istilah kerennya Romo blusukan , ngobrol, bercerita, dan pastinya masih banyak lagi.

Tidak hanya acara rohani yang kami dapat, kami juga ada acara “rohana”, games2 sederhana tetapi dikemas dengan seru, sehingga mulai dari Lansia, baby boomers sampai Gen Milenial ikut semua, seru abis.Pembawa acara nya siapa dulu dong : Freddy Sayuti n Endy The yang sudah terkenal kocak abis dan ada aja idenya. Acara games cerdas cermat diwakilkan oleh OMK, pertanyaan dari yang paling gampang, alat pengering rambut? Sampai siapa gubernur Michigan ? Om cari aja jawabannya di google, saking betenya dapat pertanyaan itu …wkwkwkwk. Games jalan serta Yesus juga dikemas menarik sampai berujung Tarik-tarikan antar emak-emak wkkwkwkwk.

Dari Lingk. St. Anastasia 1 dan 3 menampilkan drama, keren2 deh, ternyata banyak bakat2 terpendam, dari LA1 drama bercerita  keluarga yg rajin ke gereja, persekutuan, kebaktian, tapi cuek dengan tetangga yang lansia dan kesepian, ada juga tetangga yang hidupnya berantem melulu, galak sama pembantu, ditambah lagi tukang gosip😅, tetapi at the end sang majikan sadar bahwa mereka harus ber”empati” kepada sesama mereka, terutama tetangga dekat, hatinya tersentuh setelah mendengar lagu Kebaktian.

Drama ke 2 dari Lingk. St. Anastasia 3 tidak kalah menariknya, seru abis, Terinsiprasi dr Tema Family Gathering : “Menjaga *Persatuan* Dengan Menjadi *Saudara* Bagi Sesama”, mengisahkan Saudara2 Yusuf yang iri hati & benci kepada Yusuf karena dia lebih dikasihi bapak nya, & mereka berniat untuk membunuh Yusuf.Namun berkat keahlian Yusuf mengartikan mimpi, maka Firaun mengangkatnya menjadi penguasa tanah Mesir sehingga menyelamatkan negeri itu dari bencana kelaparan.
Saat Saudara2 Yusuf yg tertimpa bencana kelaparan dtg meminta pertolongan, Yusuf menerima mereka dengan sukacita, & mereka bersatu lagi dalam kasih persaudaraan.
Drama singkat ini dikemas dengan tampilan yang lucu dan kocak abis, karena Saudara2 Yusuf yang semuanya laki2 diperankan oleh para Ibu2 Lingk. Anastasia 3 dengan kostum pria & kumis palsu 😜
Pada bagian akhir drama ditutup dengan menyanyikan lagu in nya ‘Via Valen” Yo Ayo Baca Kitab Suci bersama-sama

Malam semakin larut, sebelum Misa yang dipersembahkan oleh Romo Felix, ada acara tiup lilin Ultah 17 th untuk Wilayah St. Anastasia dan 14 th untuk OMK nya. Seperti biasa para kaling dan perwakilan OMK bersama Romo tiup lilin dan nyanyi bareng, oh ya curhat dikit nih, kaling2 dapat berkat khusus dan Rosario dari buatan Romo sendiri loh, keren kan, so rekan2 semua, jangan nolak ya kalo dicalonkan jadi kaling, wkwkkw.

Misa dan Adorasi yang dipersembahkan Romo Felix berlangsung hikmat dan menyentuh, kami serasa disirami oleh air dingin yang menyegarkan jiwa.

Perjalanan dari subuh Pk 05.00 pagi tidak terasa, tepat jam 9.15 kami berkumpul bersama di luar ruangan membentuk lingkaran besar mengelilingi api unggun, plus snack malam. Puji Tuhan hujan yang turun dari sore, berhenti pada waktu Misa dan kami semua bisa menikmati api unggun, sambil bernyanyi lagu jadul Kemesraan, setelah itu kamipun kembali ke kamar masing2 untuk beristirahat karena besok pagi harus bangun pagi2.

Hari ke 2 dimulai Pk 06.00 , olah raga bareng, ada kelompok chikung dan ada kelompok jalan pagi. Walaupun masih ngantuk2 tetapi semua semangat. Abis breakfast, mandi dan rapih2 untuk mengikuti acara yang ditunggu2, apa itu, so pasti sharing dari pembicara utama Mr. Endy The, materinya pun menarik : The Power of Bersyukur. Mau tahu apa isinya ? Ikut seminarnya, wkwkwk promosi nih ye. Ini ceritanya…

Sering banget ya kita mengucapkan kata2 bersyukur, pasti kita sering mengucapkan orang tuh harus bersyukur, bisa diberikan kesehatan, kenikmatan , dll, coba lihat ada orang yang blab la….tetapi kenapa bersyukur itu dimulai dari pikiran ? ini menarik, kita belum sepenuhnya memahami arti definisi bersyukur,  (maaf Pak Endy dari pada saya ketik lagi, saya copaz ya beberapa slide nya J )

Nah bagaimana kalau kita coba pelan-pelan memahami arti Bersyukur di atas ? Rasa-rasanya dalam banget ya…no worries kita pasti bisa karena Allah itu baik, Putra itu baik, Roh Kudus itu baik dan pastinya akan menjadikan kita anak-anaknya baik. Sebagai slide penutup ini yang menarik :

Tidak terasa 2 jam kami mendengarkan The Power of Bersyukur, belum kepengen untuk beranjak duduk. Tapi kami harus bersiap siap untuk balik ke Jakarta, one way turun sudah dibuka.

Puji Tuhan dan Puji Syukur kepada Allah Bapa yang Maha Baik, acara Family Gathering Wilayah St. Anastasia berjalan dengan sukacita, semoga membawa kami semakin dekat, menjaga persatuan dan menjadi saudara bagi sesama, biarlah kami dibentuk menjadi pelayan Mu untuk menebarkan kasih dan ketulusan kepada sesama.

Terima kasih banyak kepada panitia yang diketuai Pak Hartono dan seluruh team nya , terima kasih kepada seluruh umat yang ikut acara Family Gathering ini, terima kasih kepada Group Vokal Cantare yang luar biasa puji-pujiannya dan terakhir terima kasih kepada umat yang belum berkesempatan ikut pada acara Family Gathering ini atas segala doa dan kebersamaannya. Kita berjumpa 2 tahun lagi di acara Family Gathering selanjutnya.

Tuhan Memberkati