July 5, 2019 Renungan Harian N Admin Share Articles
Jumat, 05 Juli 2019

Jumat, 05 Juli 2019
Bacaan: Kej.23:1-4.19; 24:1-8. 62-67 ; Mat.9:9-13.

Ada banyak doa yang dipanjatkan agar semakin banyak umat yang menanggapi panggilan Tuhan dan menjadi pekerja di ladang-Nya, antara lain: menjadi KaLing, KaSie atau pengurus Depa lainnya.  Namun banyak yang merasa tidak siap dengan berbagai alasan, antara lain: merasa tidak layak.

Dalam bacaan Injil hari ini, Yesus memanggil Matius, yang berprofesi sebagai seorang Pemungut Cukai untuk mengikuti-Nya. Ketika orang-orang Farisi melihat Yesus beserta murid-murid-Nya duduk dan makan bersama dengan para pemungut cukai dan para pendosa, mereka protes. Yesus mendengarnya dan berkata, “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib,melainkan orang sakit. Maka pelajarilah arti sabda ini, Aku menginginkan belas kasihan,bukan persembahan. Aku datang bukannya untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa”. Tuhan menantikan persembahan diri yang tulus dari kita agar siap menanggapi dan menjawab “ya” pada panggilan-Nya, bukan persembahan yang tampak dari luar hebat, namun tidak ada ketulusan hati.

Seperti Abraham yang menyerahkan hidupnya pada penyelenggaraan Illahi, menemukan kebahagiaan dihari tuanya. Segala beban dan penderitaan hidup karena kematian Sara, istrinya, menjadi lebih ringan karena ia bersandar pada Tuhan. Ia menemukan sukacita dan  menyaksikan anaknya Ishak menikah dengan Ribka, sebagai istri yang dicintai Ishak.(Kej.23:67).

Doa: Pada-Mu Tuhan, ada kasih setia dan bahagia melimpah ! Layakkan dan siapkan diri kami untuk menjawab panggilan-Mu !

 

Etty/Tim KKS St. Yakobus