October 5, 2018 Renungan Harian N Admin Share Articles
Jumat, 5 Oktober 2018

Jumat, 5 Oktober 2018
Bacaan: Ayb.38:1.12-21,39:36-38; Luk.10:13-16.

St. Ambrosius menulis: “Makin keras usaha kita di dunia ini untuk melaksanakan perintah Tuhan, makin bahagia kita nantinya dalam hidup mendatang”. Pesan ini patut direnungkan agar manusia menentukan sikap hidup dan mendasarkan pilihannya pada keselamatan kekal.

Dalam kutipan Injil Lukas hari ini, Yesus memberi peringatan keras:”Celakalah engkau, Khorazim! Celakalah engkau, Betsaida! Sebab seandainya di Tirus dan Sidon terjadi mukjizat-mukjizat yang telah terjadi di tengah-tengahmu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung”. Yesus mengecam kota-kota itu karena penghuninya, orang-orangnya, keras kepala dan tidak mau bertobat. Mereka tidak peduli melihat penderitaan orang lain, egois, sombong, serakah, sesat dan tidak mengikuti ajaran iman yang benar. Padahal Yesus telah banyak melakukan mukjizat disana namun mereka tetap tidak percaya, bahkan menolak Yesus !

Kepada Ayub Tuhan berbicara, kalaupun manusia mengetahui luasnya bumi dan dalamnya lautan, namun Allah-lah yang berkuasa atas seluruh ciptaan. Ayub menyadari bahwa sesungguhnya manusia adalah mahluk hina yang tidak layak melawan Tuhan. Seperti Ayub yang selalu setia dalam segala pencobaan, seharusnya kitapun taat pada perintah-perintahNya agar jangan tersesat.

Doa: Tuhan Yang Maha Agung, perbaharuilah hati kami agar selalu mencari kehendak-Mu dalam peziarahan hidup ini.

Etty/Tim KKS