May 2, 2019 Renungan Harian N Admin Share Articles
Kamis, 02 Mei 2019

Kamis, 02 Mei 2019
Bacaan 1            : Kis5: 27-33
Bacaan Injil         : Yoh3: 31-36

Saudari-saudara sekalian, kita ini semua ciptaan Tuhan. Dari semua ciptaan Tuhan yang ada didunia ini manusia adalah ciptaan-Nya yang paling mulia, artinya kita sebagai manusia harkat dan martabatnya ada diatas, seperti Allah ada diatas. Kita pada mulanya diciptakan dekat dan bersama-sama dengan Allah diatas.  ”Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya.”  (Yoh 3: 31). Karena Allah menciptakan kita manusia yang paling mulia maka manusia diizinkan untuk memanfaatkan segala ciptaannya yang lain dengan bijaksana untuk kesejahteraan manusia, itu semua sebagai sarana untuk menyatakan kemuliaan Allah, bukan dijadikan tujuan yang harus dicapai.

Tetapi karena manusia yang rapuh, yang penuh dengan sifat kedagingannya, orang menjadi tamak, iri hati, haus akan kekuasaan bahkan merasa berkuasa menyamai kuasa Tuhan. Orang-orang seperti ini sudah tersesat, mereka mendewa-dewakan sarana tadi, yang seharusnya manusia ada diatas bersama Tuhan, telah merendahkan martabatnya sendiri, relasi dengan Tuhan menjadi semakin jauh dan tidak lagi memposisikan Allah sebagai yang diatas yang dimuliakan. Pada bacaan pertama hari ini ”Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: “Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia.” (Kis 5: 29)

Sebagai refleksi kita semua, apakah karena kesibukan kita, kita terlalu tergantung dengan perangkat-perangkat dengan kecanggihan teknologi, sehingga tidak ada perangkat tadi kita menjadi orang yang tidak berdaya? Seperti kita sudah men-tuhan-kan semua perangkat tadi yang seharusnya sebagai sarana.  ”Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas. Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya. Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.” (Yoh 3: 34-36)

 

Santoso /Sie KKS