March 14, 2019 Renungan Harian N Admin Share Articles
Kamis, 14 Maret 2019

Kamis, 14 Maret 2019
Pekan I Prapaskah

Bacaan 1              : Test 4 : 10a. 10c-12. 17-19
Bacaan Injil         : Mat 7 : 7-12

Dalam kehidupan kita sehari-hari sungguh merupakan suatu keberuntungan jika segala sesuatu apa yang kita inginkan/ perlukan terpenuhi, kita tidak perlu meminta dan atau mencari karena semua yang kita butuhkan sudah tersedia, kita tidak perlu lagi mengetuk (mengetuk pintu/mengetuk hati) mohon pertolongan karena tidak ada lagi yang perlu ditolong karena semuanya berkecukupan. Suasana/kondisi seperti itu rasanya tidak mungkin ada dalam realita kehidupan kita didunia.

Menyadari realita hidup manusia di dunia ini yang banyak godaan dan tantangan, Yesus tidak mau melihat orang-orang yang dikasihinya tidak berdaya menghadapi godaan dan tantangan itu, maka dikatakan oleh-Nya, ”Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.” (Mat 7: 7). Ini ajakan Yesus sendiri untuk meminta, mencari dan mengetuk. Sepertinya hal ini mudah dilakukan ya! Tetapi tidak semua dari kita dapat dengan mudahnya untuk meminta, mencari dan mengetuk, hanya orang-orang yang rendah hati yang dapat melakukannya.

Seperti pada bacaan pertama hari ini dari kitab tambahan Ester, dikisahkan bagaimana seorang Ester yang sadar siapa dirinya, ia mau merendah dihadapan Tuhan, sebagai orang yang tidak berdaya yang membutuhkan pertolongan, Ester begitu mengandalkan Tuhan, percaya akan kuasa-Nya yang menyelamatkan.
Dimasa prapaskah ini kita diajak untuk menyadari akan siapa diri kita, kita ini hanyalah debu, dan akan kembali menjadi debu. Hanya belas Kasih Allah kita ada didunia ini.

Santoso /Sie KKS