October 10, 2018 Renungan Harian N Admin Share Articles
Rabu, 10 Oktober 2018

Rabu, 10 Oktober 2018
KASIH KARUNIA
Gal. 2:1-2, 7-14 ; Mzm. 117:1-2; Luk. 11:1-4

Bacaan Injil hari ini mengisahkan Doa yang diajarkan Yesus sendiri yang dikenal sebagai Doa Bapa Kami (dalam injil Matius 6:9-13). Dalam doa tersebut terkandung pujian, harapan dan permohonan kepada Tuhan.

Pujian karena hanya nama-Nya yang kudus dan layak dipuji, seperti didaraskan dalam doa Mazmur: “Pujilah Tuhan hai segala bangsa, megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa! Sebab kasih-Nya hebat atas kita dan kesetiaan TUHAN untuk selama-lamanya. Haleluya!” (Mzm. 117:1-2) dan Harapan akan kedatangan kerajaan-Nya untuk keselamatan seluruh bangsa.

Permohonan juga mencakup permohonan pengampunan dosa, pencobaan dan permohonan agar mendapat makanan setiap hari secukupnya.

Makanan yang dimaksud bukan hanya makanan dalam arti ‘makanan jasmani’ untuk pertumbuhan fisik, namun juga ‘makanan rohani’ untuk pertumbuhan rohani yang dalam injil Yohanes disebut sebagai ROTI KEHIDUPAN yang adalah YESUS sendiri. Doa permohonan untuk makanan ini menjadi sentral dari Doa yang diajarkan Yesus karena pujian, harapan dan permohonan seseorang hanya tertuju kepada Yesus – Sang Roti Kehidupan dan hanya karena kasih karunia-Nya kita akan memperoleh semuanya itu seturut kehendak-Nya.

Berkat kasih karunia Yesus pula, dalam bacaan pertama Rasul Paulus diakui dan diterima oleh para Rasul sehingga sangat membantu misi pewartaan Injil yang dilakukan rasul Paulus, “Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, maka Yakobus, Kefas dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru jemaat, berjabat tangan dengan aku dan dengan Barnabas sebagai tanda persekutuan,…….”(Gal.2:9).

Bagi kita, saling menerima kekurangan dan kelebihan orang lain dalam tugas karya pelayanan adalah kunci dalam mengatasi perbedaan, mengatasi konflik diantara sesama. Kita juga diajak untuk senantiasa berdoa dan bersyukur atas kasih karunia Allah yang telah dilimpahkan untuk kita semua karena hanya melalui Dia lah segala pujian, harapan dan permohonan akan dikabulkan.

Djoli Nizar / Tim KKS