November 18, 2020 Renungan Harian N Admin Share Articles
Rabu, 18 November 2020

Rabu, 18 November 2020
Pekan Biasa XXXIII
Bacaan 1              :Why4: 1-11
Mazmur               : Mzm150: 1-6
Bacaan Injil         : Luk19: 11-28

 

Seorang pemimpin perusahaan, apapun bidang usahanya jika perusahaan itu cukup besar ia tidak bisa menjalankan usahanya sendirian atau beberapa orang pembantu saja mungkin akan membutuhkan orang yang lebih banyak untuk membantu kegiatan usahanya. Seorang pemimpin juga harus pandai-pandai membagi tugas kepada pembantunya sesuai dengan kecakapan/keahliannya.

Kebanyakan didalam komunitas seperti ini persaingan akan sangat terasa, satu dengan lainnya mungkin saja akan timbul rasa cemburu/iri hati karena adanya perbedaan-perbedaan tugas dan tanggungjawabnya, ada yang merasa lebih dipercaya oleh pimpinan karena banyak pekerjaan yang dipercayakan kepadanya, ada yang biasa-biasa saja, ada juga yang merasa disepelekan karena sedikit tugas dan tanggungjawab yang diberikannya.

Bacaan Injil hari ini Yesus mengisahkan seorang bangsawan yang akan pergi kenegeri yang jauh dan usahanya dipercayakan kepada pembantu-pembantunya. Ketika saudagar itu kembali dari bepergiannya dan menagih hasil dari bekal yang telah diberikannya, orang pertama dapat menghasilkan sepuluh mina, yang kedua dapat menghasilkan lima mina dan yang ketiga tetap satu mina seperti apa yang diberikan oleh tuannya.

Tuhan telah memberikan semua kita dengan talenta menurut apa yang telah Tuhan rencanakan atas kita dan sesuai dengan kapasitas kita masing-masing, sesungguhnya apapun talenta yang diberikan adalah sama nilainya dihadapan Tuhan, semua talenta itu diberikan untuk kemuliaan-Nya bukan untuk kita banggakan. Kadang kita sendiri yang sering membeda-bedakan talenta itu.

Untuk menaggapi talenta yang diberikan kita harus mempunyai sikap-sikap seperti:ketaatan, disiplin, berusaha, percaya penuh, ketulusan. Murah hati, sukacita. Dengan bekal ini talenta dapat dikembangkan sehingga bisa berkembang berlipat ganda. Tetapi jika tidak ada itu semua apa yang terjadi?  ”Jawabnya: Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ada padanya.” (Luk 19: 26)Jadi kita harus  mempunyai karakter/sikap sebagaimana mestinya seorang murid.

Talenta yang sudah Tuhan beri pastinya akan sanggup dijalankan jika kita selalu mengandalkan Tuhan.

Tuhan kita itu perkasa dan hebat. ”Pujilah Dia karena segala keperkasaan-Nya, pujilah Dia sesuai dengan kebesaran-Nya yang hebat!”  (Mzm 150: 2)

 

 

Santoso W/Sie KKS paroki Kelapa Gading