February 5, 2019 Renungan Harian N Admin Share Articles
Selasa, 05 Februari 2019

Selasa, 05 Februari 2019
Bacaan: Ibr.12:1-4; Mrk.5:21-43.

Bacaan Injil hari ini mengisahkan tentang perjalanan Yesus yang baru saja tiba dari seberang danau Galilea, tetapi orang banyak sudah berbondong-bondong mengikuti-Nya. Datanglah  seorang kepala rumah ibadat, Yairus namanya, yang tersungkur didepan kaki Yesus , memohon kesembuhan bagi anaknya yang sakit dan hampir mati. Sementara Yesus pergi kerumah Yairus, ditengah perjalanan, ada seorang perempuan yang menderita pendarahan selama 12 tahun dan belum ada tabib yang bisa menyembuhkannya. Dia mengimani bahwa dengan “menjamah jumbai jubah-Nya” saja, dia akan sembuh ! Berbagai cara dilakukan orang agar permohonannya dikabulkan. Sampai kini, banyak sekali orang berdoa novena, berziarah ketempat-tempat yang diimani mendatangkan kesembuhan dan seterusnya. Ketika kita dengan tulus memohon kepada-Nya, Yesus mendengar, seperti yang dikatakan-Nya kepada perempuan itu: “Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!”. Iman sebesar biji sesawi, bisa memindahkan gunung; artinya, tiada yang mustahil bagi orang yang percaya akan kuasa Allah. Hal yang demikian juga diyakini oleh Yairus yang anaknya yang hampir mati, disembuhkan oleh Yesus.

Lewat Ekaristi kudus, kita menyambut Tubuh dan Darah-Nya, bila kita yakin dan percaya, maka Tuhan telah menyembuhkan luka-luka, penyakit dan beban penderitaan kita; asalkan kita mau menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu membelenggu dan menghalangi persatuan kita dengan-Nya: Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus. Dia-lah yang memimpin kita dalam iman, dan Dia-lah yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan! Dengan mengabaikan kehinaan Ia tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk disebelah kanan takhta Allah”(Ibr.12:2).

Doa: Ya Bapa, hari ini kami memperingati kemartiran St. Agata yang dengan berani mempertahankan imannya akan kemurnian cintanya kepada-Mu. Tambahkanlah iman kami !

 

Etty/Tim KKS