October 19, 2020 Renungan Harian N Admin Share Articles
Senin, 19 Oktober 2020

Senin, 19 Oktober 2020
HARI SENIN PEKAN BIASA XXIX
Ef.2:1-10
Mzm.100:2-5
Luk.12:13-21

KAYA DI HADAPAN ALLAH

Selama hidup di dunia ini, banyak orang seakan berlomba mengumpulkan kekayaan bagi diri atau keluarganya meski harus menghalalkan berbagai cara demi menjadi kaya. Bisa jadi hal itu dilakukan karena sejak kecil dia mengalami hidup amat susah maka setelah dewasa dia ingin membahagiakan keluarganya, bekerja mati-matian mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya. Kurang peduli pada orang lainbahkan saudaranya. Berdoa dan ber-ibadah pun bisa jadi terabaikan mungkin menjadi urutan yang terbelakang dalam hidupnya.

Kata Yesus: “Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidak tergantung dari pada kekayaannya itu.” [ay.15]

Firman Allah kepadanya: “Hai engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu,…. Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah”[ay.20-21] 

Selagi kita masih hidup, masih ada kesempatan untuk bertobat.Meskipun kita sudah mati akibat perbuatan-perbuatan kita yang mengutamakan hal duniawi, mengikuti kehendak daging untuk menimbun harta di dunia. Rasul Paulus mengingatkan kita akan rahmat dan kasih Allah yang besar telah dilimpahkan-Nya kepada kita. Sekalipun kita telah mati karena perbuatan-perbuatan daging namun oleh kasih karunia kita diselamatkan.

Sejak awal mula manusia diciptakan untuk melakukan segala hal yang baik.Mengumpulkan harta kekayaan surgawi.Tentu sangat boleh menjadi kaya di dunia, namun kita juga harus menjadi kaya di hadapan Allah.Menyenangkan hati Allah dengan melakukan perbuatan-perbuatan baik yang dikehendaki Allah.

Refleksi:
Apa yang sudah kuperbuat selama hidup ini, semata hanya menimbun harta kekayaan dunia atau menyadari yang terutama aku harus kaya di hadapan Allah? 

 

Alice Budiana / Tim Kerasulan Kitab Suci – Paroki Kelapa Gading