January 7, 2019 Renungan Harian N Admin Share Articles
Senin, 7 Januari 2019

Senin, 7 Januari 2019
HARI SENIN BIASA Sesudah Penampakan Tuhan – C/I
1 Yoh.3:22-4:6
Mzm.2:7-8, 10-11
Mat.4:12-17,23-25

PANGGILAN PERTOBATAN

Bacaan hari ini mengingatkan aku pada saat menderita sakit sebulan lamanya. Tidak bisa bangun dari tempat tidur. Hampir setiap hari aku dikunjungi teman-teman yang berdoa untuk kesembuhanku. Seorang pastor menyarankan aku untuk berdoa setiap hari pada jam yang sama, katanya Tuhan akan memberi petunjuk kepadaku. Karena ingin sembuh, kutekuni berdoa setiap hari sampai pada hari ke-10,ketika berdoa aku mendapat penglihatan, seperti spanduk berkibar diawan yang bertuliskan Lukas 5. Aku pun membaca seluruh bab itu yang diawali dengan panggilan Yesus kepada Petrus, dia langsung meninggalkan jalanya untuk mengikuti Tuhan, Yesus menyembuhkan yang sakit dan memanggil orang berdosa supaya mereka bertobat. Seminggu kemudian aku sembuh dari sakit. Sejak itu,bersama 2 orang teman [sekarang sudah almh.], kamirajin mengunjungi orang sakit di beberapa rumah sakit di Jakarta [saat itu belum ada rumah sakit di kelapa gading]. Kami datang membacakan firman Tuhan, berdoa, menghibur dan meneguhkan mereka. Jika diperlukan sakramen orang sakit dan komuni. Kami datang bersama pastor.

Dalam Injil hari ini, Yesus memberitakan:“Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!” [Mat.4:17]. Tak henti-hentinya Yesus mengingatkan dan mengajak kita agar bertobat. Yesus menyembuhkan banyak orang dari sakit penyakit juga mereka yang kerasukan. Setelah mereka disembuhkan oleh Yesus, lalu mereka mengikuti Dia. Mengikuti Yesus merupakan langkah pertobatan manusia.

Kehadiran Yesus, membawa harapan baru bagi setiap orang. Dia mengetuk hati setiap orang yang mau menanggapi panggilan-Nya, menuruti perintah-Nya dan melakukan apa yang menjadi kehendak-Nya.Mau beribadah kepada Tuhan dengan takwa, dan mencium kaki-Nya dengan gemetar.

Bagaimana kita mengetahui kehendak Tuhan atau kehendak roh-roh lain yang bergerak di dalam hati kita? Ini membutuhkan latihandiscernment, membedakan Roh Tuhan dengan roh yang bukan berasal dari Tuhan. Dari buah-buahnya lah kita dapat mengenalinya. Roh Tuhan pasti akan membawa kita semakin dekat dengan Allah, menjauhi perbuatan dosa, semua perbuatan yang dilarang Tuhan, kita harus semakin menjauhi hal-hal yang tidak disukai Allah.

Refleksi:

Terang sudah datang bagi orang yang percaya kepada-Nya dan melakukan perintah-Nya. Apakah saat ini aku sungguh hidup dalam terang Tuhan? Mampu membedakan roh dunia yang membawa kepada kegelapan dan Roh Tuhan yang membawa aku kepada kepada Allah, kearah yang benar, ke tujuan yang membahagiakan yaitu pertobatan?

Alice Budiana / Tim KKS