S-Lingkungan Hidup Share Articles

Sosialisasi Komposter dan Kampung Pro Iklim oleh Seksi LH Paroki St.Yakobus

Walau mentari enggan menampakkan sosoknya di pagi hari itu, namun warga RW 10 Kelurahan Kelapa Gading Barat , tua dan muda, Ibu dan Bapak dengan semangat tanpa lelah menggerakkan badan mengikuti gerak Instruktur Senam pada Sabtu 2 Maret 2019 di lapanagan RT.008/RW 10.

Senam sehat tsb mengawali acara yg bertajuk Sosialisasi Komposter dan Kampung Pro Iklim. Acara ini diprakarsai oleh Sie Ling Hidup Paroki Kelapa Gading dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, juga wujud bakti karya pastoral kepada warga sekitar gereja.

Bekerja sama dgn pemangku kepentingan terkait (stakeholder) , dan didukung oleh warga RW 10  Kelurahan Kelapa Gading Barat, maka acara sosialisasi Komposter dan Kampung Pro Iklim dapat terwujud dengan sukses pada Sabtu, 2 Maret 2019 dihadiri sekitar 70 warga pelaku dan pemerhati lingkungan hidup.

Menggandeng Pak Tarno , seorang penggiat Lingkungan KAJ yg berasal dari Paroki Don Bosco Sunter menjelaskan ttg pentingnya mengelola sampah yg kita hasilkan sendiri sehingga lngkungan rumah dan sekitarnya menjadi bersih, hijau, asri dan sehat, serta bernilai tambah, karena dapat menjadi salah satu tambahan sumber penghasilan keluarga.

Kegiatan sosialisasi komposter diawali dgn sambutan dari Pak Ali Ridho selaku Ketua RW 10 dan Ibu Suci Cintya Polaputri sebagai Lurah Kelapa Gading Barat yg mengapresiasi warga karena telah memiliki Bank Sampah, serta Pak Tatang mewakili Sudin LH Jakarta Utara ttg masalah persampahan lanjut dgn penjelasan Ibu Nila Sari (Ketua Sie LH Yakobus) ttg tanggung jawab kita terhadap sampah yg kita hasilkan; dan dilanjutkan oleh Pak R.B  Sutarno, pemateri sosialisasi Komposter.

Kiranya virus cinta lingkungan dapat semakin menyebar dan kita semua menjadi agen perubahan di lingkungan kita masing masing.

Kita berhikmat, bangsa bermartabat, kita bersatu  bergandengan tangan mengupayakan pelestarian lingkungan hidup, yg dimulai dari diri dan keluarga kita sendiri.

# Sampahku, Urusanku, Tanggung Jawabku

Materi Pro Iklim dapat didownload disini : proklim

Fotografer : Susan & Yola