S-Kesehatan Share Articles

Vaksinasi Difteri ORI III – Paroki St. Yakobus

Pada tgl 26 agustus 2018 seksi kesehatan paroki St Yakobus kelapa gading bekerja sama dengan Puskesmas Kelapa Gading mengadakan lanjutan vaksinasi Difteri ORI III.

Acara dilaksanakan di gedung pastoral lt 3.
Penyuntikan vaksin difteri ke 3 ini sebagai booster supaya antibodi yang terbentuk dapat bertahan 10 tahun didalam tubuh .

Jumlah peserta vaksinasi 88 orang:
Peserta < 19 thn : 32 orang
Peserta > 19 thn : 56 orang

VAKSINASI DIFTERI
Vaksinasi difteri mulai diberikan pada anak usia 2 bulan, 4 bulan dan 6 bulan. Serta diulang pada usia 18 bulan, 5 tahun dan 7 tahun.

Vaksinasi difteri merupakan vaksinasi dasar dan wajib dilaksanakan untuk pencegahan penyakit difteri, tetanus dan batuk 100 hari yang disebut pertussis. Vaksin gabungan antara difteri , tetanus, pertusis dan polio disebut vaksin DPT POLIO. Terdapat juga yang digabung menjadi 6 vaksin dalam 1 kali suntik yang terdiri dari difteri, tetanus, pertusis, polio, Hib dan Hepatitis B.

Pada saat ada KLB (kasus luar biasa) difteri, vaksinasi diberikan seperti imunisasi dasar lagi yaitu 3x dalam jangka waktu 6 bulan. Maka vaksinasi ORI ini dilaksanakan 3x untuk mencegah penyebaran penyakit difteri yang mematikan.