February 7, 2020 Renungan Harian N Admin Share Articles
Jumat, 7 Februari 2020

Jumat, 7 Februari 2020
HARI JUMAT PEKAN BIASA IV

Sir. 47:2-11; Mzm.18:31, 47, 50, 51;
Mrk.6: 14-29
BERANI MENJADI TELADAN KEBENARAN

Herodes punya kerinduan untuk mendengarkan Yohanes Pembaptis karena Yohanes Pembaptis adalah orang yang benar dan suci. Herodes tahu bahwa mengambil Herodias, istri Filipus saudaranya itu adalah tindakan yang tidak benar, namun masih ada keraguan untuk memilih kebenaran atau melanggar kebenaran itu. Namun tindakan yang dipilihnya yang bertentangan dengan hati nuraninya… munafik kata orang.

Ia lemah, tidak bebas karena dikuasai oleh Herodias. Nafsu telah membelenggu dia. Ketika Yohanes Pembaptis menyampaikan sebuah kebenaran, Herodes ragu-ragu. Hal ini menjadi celah bagi Herodias yang kemudian berakhir dengan kematian Yohanes, kepala Yohanes Pembaptis dipersembahkan di atas sebuah tilam. Herodes harus membayar mahal atas keraguannya.

Dari peristiwa ini, kita diajak untuk belajar berani berkata YES pada kebenaran dan NO saat menghadapi keraguan / ketidak-benaran. Sebagai umat beriman, hendaknya kita memohon petunjuk-Nya saat mengambil sebuah keputusan.

Yesus berkata: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup” [Yoh.14:6], hanya dengan mengikuti Dia kita berani menjadi teladan kebenaran

Jika kita hidup dalam kebenaran maka kejahatan, ketidak-adilan, kekerasan akan menjauh dari hidup kita. Tidak mudah, namun tetap harus kita lakukan. Tuhan pasti menyertai kita, karena Yesus sendiri adalah kebenaran.

Alice Budiana / Tim KKS Paroki Kelapa Gading.