May 21, 2020 Renungan Harian Stf Share Articles
Kamis, 21 Mei 2020

Kamis 21 Mei 2020  Hari Raya Kenaikan Tuhan

Kis 1:1-11

Ef 1: 17-23

Mat 28: 16-20

 

PEWARTAAN SIKAP SEMANGAT KRISTUS

“KepadaKu telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi.  Karena itu pergilah, jadikanlah segala bangsa muridKu, dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarkanlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.  Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman” (Mat 28:18-20)  Inilah pesan Yesus kepada para muridNya sebelum Ia naik ke surga.  Tugas perutusan yang diemban para murid Yesus. Perikop ini menjadi dasar perutusan setiap murid Kristus. Sekaligus Ia memberi jaminan, para murid tidak akan bekerja sendirian, karena Ia akan menyertai sampai akhir zaman.  Para murid telah menyaksikan bagaimana Tuhan Yesus terangkat ke surga.  Ia meminta para murid menantikan janji Bapa, kuasa yang akan menjadikan mereka saksiNya sampai ke ujung bumi.

Rasul Paulus dalam bacaan kedua berbicara tentang kuasa yang membangkitkan Kristus dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan Allah dalam surga. Rasul Paulus memohon “Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar” (Ef 1:17)  Mata hati yang terang untuk mengerti pengharapan yang terkandung dalam panggilanNya.

Pesan dari orang terdekat apalagi disampaikan pada saat-saat terakhir hidupnya, sangat membekas, ingin selalu dilaksanakan.  Bukan sekedar isi pesannya, siapa yang mengucapkannya menjadi sarat makna.   Ketakutan  terkadang membuat kita “diam di tempat”  Pelaksanaan bergerak hanya separuh-separuh,   kurang/tidak total.  Keragu-raguan membuat kita seringkali hanya bertanya-tanya terus dan berujung tinggal di zona aman.  Perutusan para murid kini menjadi tugas  kita yang berada jauh dari belahan asal para murid.  Zaman dan kondisi sudah jauh berbeda.  Bermacam perbedaan melatar belakangi bangsa kita,  diperlukan iman yang total.  Berani melangkah ke tengah-tengah perbedaan, mewartakan semangat Kristus secara terus menerus.  Membawa  janji penyertaanNya, Roh Hikmat dan Wahyu untuk mengenal Dia dengan benar, sehingga pewartaan menjadi berdaya guna dan berdaya pikat sampai selamanya.  Kuasa Yesus diberikan kepada gereja untuk mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkanNya.  Dengan mata hati yang terang, kita mengerti pengharapan, kuasa dan kemuliaan dari panggilanNya.  Bagi orang yang percaya.

 

Doa : Ya Bapa…bantulah kami untuk mewartakan Engkau melalui sikap hidup kami seturut hikmatMu. Amin.