November 28, 2019 Renungan Harian N Admin Share Articles
Kamis, 28 November 2019 

Kamis, 28 November 2019 
Bacaan: Dan.6:12-28; Luk.21:20-28. 

Yerusalem adalah lambang kota suci yang diakui dunia. Disanalah Bait Allah dibangun. Dalam bacaan Injil hari ini, Yesus berkata kepada para murid-Nya: “Apabila kalian melihat Yerusalem dikepung oleh tentara, ketahuilah bahwa keruntuhannya sudah dekat…”. Yerusalem sampai saat ini masih menjadi ajang pertempuran dari banyak pihak yang ingin menguasainya, seperti yang diramalkan oleh Yesus: “Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sampai genaplah zaman bangsa-bangsa itu”.

Secara geografis, kita tidak tinggal di Yerusalem, tetapi kita juga menjadi warga “Yerusalem”, dalam arti menjadi kristiani di paroki kita, ketika menampakkan wajah Kristus dalam kehidupan sehari-hari agar Yerusalem kita tidak runtuh. Kita perlu mempersiapkan diri menyambut kedatangan-Nya, dengan menjadikan tubuh kita sebagai bait-Nya yang kudus. Kematian bukanlah akhir segala-galanya, karena Yesus menjanjikan kebahagiaan kekal di Rumah Bapa.

Daniel telah menjadi saksi-Nya, ketika ia hidup dalam kekudusan, berhasil membuat Raja Darius bertobat dan mengakui Allahnya Daniel: “Bersama ini kuberikan perintah, bahwa diseluruh kerajaan yang kukuasai, orang harus takut dan gentar terhadap Allahnya Daniel, sebab Dialah Allah yang hidup, yang kekal untuk selamanya; pemerintahan-Nya tidak akan binasa dan kekuasaan-Nya tidak akan berakhir. Dia melepaskan dan menolong, dan mengadakan tanda dan mukjizat di langit dan di bumi “. Doa: Ya Allah Yang Maha Besar, kuasa-Mu akan mengatasi ketakutan kami akan maut. Tambahkanlah iman kami !

 

Etty/Tim KKS Paroki Kelapa Gading