October 9, 2019 Renungan Harian N Admin Share Articles
Rabu, 09 Oktober 2019

Rabu, 09 Oktober 2019
Bacaan: Yun.4: 1-11; Luk.11: 1-4

Ada beragam doa yang diajarkan secara formal dalam gereja Katholik. Namun ada pula doa-doa khusus yang dipanjatkan secara pribadi. Dalam doa kita bisa berkomunikasi secara intim dengan Tuhan. Ada ucapan syukur, permohonan, dan intensi lain. Seringkali orang menjadi stres dan marah kepada Tuhan ketika doa permohonannya tidak dikabulkan. Padahal sebetulnya, semua doa dijawab dan dikabulkan oleh-Nya, walaupun seringkali tidak sesuai dengan yang kita minta, karena justru Tuhan memberikan yang terbaik dan sesuai dengan kondisi kita. Ada doa yang dipanjatkan oleh seorang anak yang akan mengikuti suatu pertandingan, dengan polos dia berdoa: “ Ya Tuhan, saya akan berjuang supaya menang, tetapi bila ternyata saya kalah, biarkanlah saya boleh menerimanya dengan lapang dada”.

Dalam bacaan Injil hari ini Yesus mengajarkan doa yang sangat mendasar: “Bila kalian berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu. Berilah kami setiap hari makanan secukupnya, dan ampunilah dosa kami sebab kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami kedalam pencobaan”.

Doa: Allah yang Maha Pengasih, bantulah kami agar dapat menerima apapun yang Engkau berikan dan menyerahkan apapun yang Engkau minta dengan senyuman yang lebar. (Doa St. Teresa dari Calcutta).

Etty/Tim KKS St. Yakobus