May 20, 2020 Renungan Harian Stf Share Articles
Rabu, 20 Mei 2020

Rabu, 20 Mei 2020  Pekan VI Paskah

Kis 17:15,22-18:1

Yoh 16: 12-15

HIDUP BAGI DAN DITENGAH SESAMA

“Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran….Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang Dia terima dari padaKu.” (Yoh 16: 13-14)  Pernyataan Yesus mengenai Roh Kebenaran  akan membawa kepada kemuliaan Bapa.  Segala pemberitaan yang tidak berujung bagi kemuliaan Bapa, tidak berasal dari Bapa, sebagai sumber kebenaran.

Dalam pewartaan Paulus di forum Atena memberitakan injil. Orang-orang tidak percaya kepada kebangkitan orang mati, mereka mengejek bahkan hanya menanggapi dengan perkataan “lain kali saja”  Meski demikian, ada beberapa orang laki-laki, diantaranya Dionisius, anggota majelis Areopagus dan seorang perempuan, Damaris, menggabungkan diri dengan Paulus dan menjadi percaya.

Di antara realitas kehidupan penuh keprihatinan  seperti saat ini, kebenaran menjadi sangat mahal dan bernilai.  Saat pemerintah berusaha membantu rakyatnya yang terdampak pandemi, masih saja ada yang berusaha melemahkan, menyalahkan, memojokkan bahkan mengambil keuntungan dari kesusahan. Sebaliknya, takkala suami tak lagi punya penghasilan, para istri berupaya berkreatifitas, menghidupkan kembali keterampilan yang sudah lama, menjadi sumber penghasilan baru.  Masih pantaskah kita mengambil manfaat atau berdiam diri saja di rumah sementara banyak orang berjuang di jalan-jalan, tanpa sempat memikirkan ancaman bahaya?   Bahkan karena keraguan dan ketakutan, membuat kita tidak bersikap, memilih zona nyaman “bukan urusanku, lain kali saja”       Damaikah kita dengan hidup bagi diri sendiri/keluarga dengan alasan PSBB?  Jangan-jangan kita sesungguhnya kurang percaya, ragu bahwa Roh Kebenaran yang berasal dari Allah, terwujud di tengah-tengah perjuangan bersama orang lain.   Diperlukan kejujuran, kekuatan dan keberanian untuk menemukan jawaban “ini benar”  Seperti halnya Dionisius, Damaris dan beberapa orang-orang lain menjadi percaya dan bergabung dalam persekutuan orang-orang yang dipimpin oleh Roh Kebenaran.

 

Doa : Ya Bapa…tolonglah kami semakin yakin dan berjuang  di antara orang lain dengan  penyertaan Roh KebenaranMu. Amin.