September 15, 2020 Renungan Harian N Admin Share Articles
 Selasa, 15 Septeber 2020

Selasa, 15 Septeber 2020
PW Santa Perawan Maria Berdukacita
Bacaan 1              : Ibr5: 7-9
Mazmur               : Mzm31: 2-3a. 3b-4. 5-6. 15-16. 20
Bacaan Injil         : Yoh19: 25-27

 

Bacaan Injil hari ini sangat menarik, saya teringat ketika mengikuti kegiatan kelompok Sepritualitas Kitab Suci Emmaus Journey di buku ke4 tentang 7 Sabda Yesus dari atas kayu salib, salah satunya Injil Yoh 19:25-27 ada di sesi ke3.

Ibu mana yang hatinya tidak terpukul ketika harus berpisah dengan anak yang dikasihinya. Demikian juga bunda Maria, ketika Yesus berkata dari atas kayu salib:  ”Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: “Ibu, inilah, anakmu!” Kemudian kata-Nya kepada murid-murid-Nya: “Inilah ibumu!” Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya.”  (Yoh 19:26-27)

Siapapun yang mendengar perkataan Yesus dari atas kayu salib tadi merasakan sebagai perjumpaan terakhir, bisa jadi itu kata-kata perpisahan, bunda Maria sangat sedih mendengarnya, seperti hari ini Gereja memperingati hari ini sebagai hari  Santa Perawan Maria Berdukacita  

Kalau saja kita mau merenungkan sejenak kata-kata Yesus kepada bunda Maria dan Yohanes tadi :  ” Ibu, inilah anakmu . . . . Inilah ibumu”  Makna apa yang terkandung?

Bunda Maria walaupun dirundung kesedihan yang mendalam karena harus berpisah, ia diam dan menerima, demikian juga Yesus jika saja mau menghindar dari maut apa yang tidak bisa dilakukan-Nya.

Yesus dan bunda Maria menunjukkan ketaatannya atas rencana Allah.

Hal yang sangat menarik adalah sikap Yesus yang didalam menghadapi sakratul maut masih sempat memperhatikan kebutuhan orang lain yaitu ibu-Nya dan murid-Nya Yohanes, supaya satu sama lain saling tolong menolong. Ditengah-tengah situasi yang tidak menentukan sekarang ini kita semua diminta untuk saling peduli memperhatikan orang-orang disekitar kita yang mengalami kesulitan walaupun keadaan kita juga tidak terlalu beruntung.

 

Santoso W/Sie KKS paroki Kelapa Gading