December 2, 2019 Renungan Harian N Admin Share Articles
Senin, 2 Desember 2019

Senin,  2 Desember 2019
Yes. 2:1-5Mzm. 122:1-9Mat. 8:5-11.

Bacaan injil hari ini mengisahkan tentang  penyembuhan hamba seorang perwira di Kapernaum. Seorang perwira Romawi saat itu pastilah memiliki sifat yang keras, tegas dan pantang merendah di hadapan orang Yahudi. Tetapi berbeda dengan perwira yang menemui Yesus. Ia memiliki belas kasih terhadap hambanya yang menderita sakit lumpuh. Ia juga bersikap rendah hati di hadapan Yesus, ia memanggil Yesus dengan sebutan ‘Tuan’, ia merasa tidak layak menerima Yesus di dalam rumahnya.

Yesus memuji perwira tersebut dengan berkata bahwa iman sebesar ini tidak pernah aku jumpai pada seorangpun diantara orang Israel. Kesembuhan pun pada akhirnya diberikan kepada hamba perwira tersebut.

Apa yang bisa kita maknai dari kisah diatas bagi kehidupan kita saat ini?

Pertama, Yesus senantiasa mengajarkan untuk memiliki sifat belas kasih seperti juga ia yang sering memberi teladan menunjukkan kasih kepada orang lain. Sifat belas kasih inilah yang pertama-tama harus ada dalam diri seorang murid Yesus.

Kedua, memiliki sikap rendah hati tidak hanya saat memohon kepada Yesus tetapi juga saat berhadapan dengan sesama. Kesombongan dan tinggi hati hanya akan membawa kita dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap.

Dua hal dasar diatas diharapkan menjadi pedoman hidup kita sebagai murid-murid Yesus dalam melaksanakan tugas dan karya pelayanan baik di keluarga, lingkungan, gereja maupun di masyarakat.

Tuhan, kami diciptakan serupa dengan gambar-Mu. Sudilah mengajari dan mengingatkan kami untuk memiliki belas kasih seperti diri-Mu.

Amin.

Djoli Nizar / Sie KKS