S-Kerasulan KItab Suci Share Articles

Seminar HERODES dan HERODIAS – 21 Sept 2019 – Gereja St. Yakobus-Kelapa Gading-Jakarta

HERODES DAN HERODIAS

Tahukah anda? Di paroki kita, seminggu lalu dilaksanakan SEMINAR HERODES DAN HERODIAS, dengan pembicara Pater Robby Wowor,OFM

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu 21 September 2019 di aula lt.4 gereja St,Yakobus oleh Sie Kerasulan Kitab Suci [KKS] paroki Kelapa Gading bersama Alumni KEP XX sebagai Panitia Pelaksana seminar.

Siapa sih yang gak kenal Pater Robby Wowor. Umat pencinta Sabda Tuhan pasti mengenal beliau, seorang Pengajar Kitab Suci KPKS St.Paulus dan beberapa kursus lainnya. Beliau dikenal juga sebagai pakar Kitab Wahyu di Indonesia yang mampu menjelaskan Wahyu dengan penyampaian yang mudah dimengerti serta penjelasan yang dapat dipahami oleh banyak orang. Sabtu pagi hingga menjelang siang, aula dipenuhi para pencinta Sabda dan penggemar beliau, sekitar 275 orang belum termasuk panitia dan pengurus sie KKS memenuhi aula. Lumayan banyak wajah-wajah lama pencinta Sabda turut hadir.

Apa kata Pater Robby mengenai Kitab Suci? Simak baik-baik pesan beliau. Kitab suci sangat berguna bagi hidup kita sehari-hari. Kitab Suci HARUS MENGHIDUPKAN kita, membuat kita termotivasi untuk mengikuti teladan nasihat yang ada di dalam Kitab Suci. Mengidentifikasi diri kita dengan tokoh-tokoh yang ada dalam Kitab Suci. Dan TERUSLAH BERJUANG MENJADI SEMAKIN BAIK DAN SEMAKIN BAIK LAGI DALAM IMAN KITA SEBAGAI ORANG KRISTIANI.

Yang ditulis dalam Kitab Suci bukan hanya sekedar kisah, tetapi kisah-kisah ini dimaksudkan agar terus hidup sepanjang masa bahkan sampai akhir zaman. Kitab Suci tidak berhenti menjadi kitab sejarah. Tetapi dibalik sejarah itu, Allah bekerja. ALLAH MENYAPA KITA DAN KITA MENANGGAPI SAPAAN ALLAH.

Mengapa Tema HERODES DAN HERODIAS ini dipilih? Ada apa dengan Herodes dan Herodias? Ternyata…. dibalik kedua tokoh itu, ada seorang tokoh hebat yang tersembunyi yaitu Yohanes Pembaptis: “Agar aku harus menjadi semakin kecil dan Dia harus menjadi semakin besar” [Yoh.3:30]

Baca Mat.14:1-12 mengapa sampai Herodes mengira Yesus adalah Yohanes yang telah bangkit dari antara orang mati. Karena dia mengingat kembali perbuatan jahat yang dilakukannya terhadap Yohanes, berawal dari tegoran Yohanes kepadanya: “Tidak halal engkau mengambil Herodias!”

Siapa Herodias? Istri Herodes. Seorang perempuan cantik yang cerdik, pandai, istri dari Filipus (saudara tiri Herodes) yang kemudian dinikahi oleh Herodes meskipun Herodias masih dalam masa berkabung atas kematian Filipus. Perempuan ini memiliki tabiat buruk yaitu menghalalkan segala cara demi memenuhi ambisinya / mencapai angan-angannya. Kita perlu senantiasa mengingat ambisi Herodias yang tidak baik dimata Tuhan, harus kita hindari.

Tentang siapa Herodes, Pater Robby mengulasnya dengan begitu indah mulai dari raja Herodes 1 yang memerintahkan membunuh semua anak laki-laki dibawah usia dua tahun [Mat.2:16-18]. Kisah pembunuhan anak-anak di Betlehem ini bukan bualan, tetapi di awal tahun 2000an di benteng Herodion telah ditemukan kuburan massal dalam sebuah lubang besar yang dijadikan makam dari pembantaian ribuan anak laki-laki dibawah usia dua tahun. Pater menjelaskan lewat slide Herod the Great’s Family Tree yang diambil  dari biblicalarchaeology.org

Kesimpulan yang kita peroleh dari kisah Herodes dan Herodias, sebuah rencana jahat akan terus bergulir membuahkan kejahatan-kejahatan yang lain. Sebagai orang beriman, hendaknya kita selalu WASPADA jangan pernah jatuh pada sebuah ambisi jahat. Hendaknya kita inga…inga selalu pada AMBISI HERODIAS yang harus kita HINDARI.

Jangan mencontoh Herodias yang penuh kedagingan, ambisi duniawi. Bukan menjadikan dirinya kecil tetapi menghalalkan segala cara demi ambisiku. Bertolak belakang dengan ajaran Yohanes Pembaptis “Agar aku harus menjadi semakin kecil dan Dia harus menjadi semakin besar” [Yoh.3:30]

(Sie KERASULAN KITAB SUCI – Paroki Kelapa Gading, KAJ)